NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADIS NABI SAW SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADIS NABI SAW SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Hairun Nisa Siagian UIN Sumatera Utara Medan
  • M. Yemmardotillah Universitas Negeri Padang

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam hadis Nabi Muhammad SAW sebagai landasan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Kurikulum tidak hanya dipahami sebagai perangkat teknis pembelajaran, melainkan sebagai sistem nilai yang membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan telaah literatur terhadap hadis-hadis bertema pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan perintah Rasulullah SAW dalam mendidik anak sejak usia dini, seperti hadis tentang perintah shalat pada usia tujuh tahun. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam hadis mencakup dimensi spiritual (ibadah), moral (akhlak), sosial (hubungan antarindividu), dan psikologis (tahapan perkembangan anak). Hadis-hadis tersebut memberikan fondasi yang kuat bagi penyusunan kurikulum pendidikan Islam yang integratif dan berbasis pada fitrah manusia. Dengan menjadikan hadis sebagai rujukan utama, kurikulum dapat disusun secara kontekstual dan relevan, baik dalam aspek tujuan, materi, metode, maupun evaluasi pendidikan.

Diterbitkan

2025-06-06 — Diperbaharui pada 2025-06-06

Cara Mengutip

Siagian, H. N., & M. Yemmardotillah. (2025). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADIS NABI SAW SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADIS NABI SAW SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. KHULUQ: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 30–38. Diambil dari https://jurnal.nurulyaqinannaba.or.id/index.php/khuluq/article/view/3

Terbitan

Bagian

Articles