Metode Pendidikan Nabi Muhammad SAW: Relevansi Keteladanan dan Dialog dalam Pembentukan Karakter Muslim

Metode Pendidikan Nabi Muhammad SAW: Relevansi Keteladanan dan Dialog dalam Pembentukan Karakter Muslim

Authors

  • Alvira Asri Br Purba UIN Sumatera Utara Medan
  • Zulfahmi Lubis UIN Sumatera Utara Medan

Keywords:

Meteode Pendidikan Islam, hadis tematik, pendidikan akrakter, pembelajaran mikro dan mKRO, Rasulullah saw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis berbagai metode pendidikan yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana tercantum dalam hadis-hadis tematik, baik dalam lingkup makro maupun mikro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diperoleh dari literatur klasik dan modern, khususnya kitab-kitab hadis dan tafsir, serta karya ilmiah yang relevan. Dalam lingkup makro, metode pendidikan yang dikaji meliputi: keteladanan, kasih sayang, deduktif, perumpamaan, kiasan, memberi kemudahan, dan perbandingan. Sementara dalam lingkup mikro dibahas metode: tanya jawab, pengulangan, demonstrasi, eksperimen, pemecahan masalah, diskusi, serta pemberian pujian dan hukuman. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode-metode ini tidak hanya bersifat aplikatif pada masa Nabi, tetapi juga relevan untuk diadaptasi dalam sistem pendidikan Islam modern. Penggunaan metode-metode tersebut mampu membentuk proses pembelajaran yang efektif, humanis, serta berorientasi pada pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-12 — Updated on 2025-06-12

How to Cite

Alvira Asri Br Purba, & Zulfahmi Lubis. (2025). Metode Pendidikan Nabi Muhammad SAW: Relevansi Keteladanan dan Dialog dalam Pembentukan Karakter Muslim: Metode Pendidikan Nabi Muhammad SAW: Relevansi Keteladanan dan Dialog dalam Pembentukan Karakter Muslim. KHULUQ: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 58–78. Retrieved from https://jurnal.nurulyaqinannaba.or.id/index.php/khuluq/article/view/11

Issue

Section

Articles