KONSEP TARBIYAH QUR’ANIYAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

STUDI KASUS DI RUMAH TAHFIZ AL-BAYYINAH MEDAN

Penulis

  • Muhammad Zakir Hasibuan UIN Sumatera Utara
  • Asril Azhari Hasibuan UIN Sumatera Utara
  • Pipi Darsina Siregar UIN Sumatera Utara
  • Salminawati UIN Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tarbiyah Qur'aniyah dalam perspektif filsafat pendidikan Islam yang diterapkan di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan. Tarbiyah Qur'aniyah merupakan konsep pendidikan yang berlandaskan Al-Qur'an sebagai sumber utama dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi konsep tarbiyah Qur'aniyah dilaksanakan, nilai-nilai filosofis yang mendasarinya, serta relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengelola, ustadz/ustadzah, dan santri, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan menerapkan konsep tarbiyah Qur'aniyah melalui integrasi program tahfiz Al-Qur'an, pembinaan akhlak, dan pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an. Perspektif filsafat pendidikan Islam yang diterapkan meliputi aspek ontologi (hakikat manusia sebagai hamba Allah), epistemologi (Al-Qur'an sebagai sumber ilmu), dan aksiologi (pembentukan insan kamil). Implementasi tarbiyah Qur'aniyah terbukti efektif dalam membentuk kepribadian santri yang berakhlak mulia, memiliki hafalan Al-Qur'an yang kuat, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Diterbitkan

2025-11-24 — Diperbaharui pada 2025-11-24

Cara Mengutip

Muhammad Zakir Hasibuan, Asril Azhari Hasibuan, Pipi Darsina Siregar, & Salminawati. (2025). KONSEP TARBIYAH QUR’ANIYAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS DI RUMAH TAHFIZ AL-BAYYINAH MEDAN . JUPEM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–26. Diambil dari https://jurnal.nurulyaqinannaba.or.id/index.php/jupem/article/view/33