KONSEP TARBIYAH QUR’ANIYAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
STUDI KASUS DI RUMAH TAHFIZ AL-BAYYINAH MEDAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tarbiyah Qur'aniyah dalam perspektif filsafat pendidikan Islam yang diterapkan di Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan. Tarbiyah Qur'aniyah merupakan konsep pendidikan yang berlandaskan Al-Qur'an sebagai sumber utama dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi konsep tarbiyah Qur'aniyah dilaksanakan, nilai-nilai filosofis yang mendasarinya, serta relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengelola, ustadz/ustadzah, dan santri, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan menerapkan konsep tarbiyah Qur'aniyah melalui integrasi program tahfiz Al-Qur'an, pembinaan akhlak, dan pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an. Perspektif filsafat pendidikan Islam yang diterapkan meliputi aspek ontologi (hakikat manusia sebagai hamba Allah), epistemologi (Al-Qur'an sebagai sumber ilmu), dan aksiologi (pembentukan insan kamil). Implementasi tarbiyah Qur'aniyah terbukti efektif dalam membentuk kepribadian santri yang berakhlak mulia, memiliki hafalan Al-Qur'an yang kuat, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.