PENDEKATAN ALIRAN RASIONALISME DALAM BERAGAMA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM
(STUDI KASUS DI MTs TAMAN SISWA MEDAN)
Kata Kunci:
Rasionalisme beragama, pendidikan agamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendekatan rasionalisme dalam beragama diterapkan melalui proses pendidikan Islam di MTs Tamansiswa Medan. Fokus kajiannya terletak pada upaya pengembangan pola pikir keagamaan yang rasional dalam kegiatan pembelajaran serta dampaknya terhadap pemahaman dan pengamalan ajaran Islam oleh peserta didik secara logis dan relevan dengan konteks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan telaah dokumen pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip-prinsip rasionalisme ke dalam pendidikan Islam mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap ajaran agama, tanpa menyimpang dari nilai-nilai pokok Islam. Dengan demikian, terbentuk pemahaman keagamaan yang harmonis antara akal sehat dan petunjuk wahyu