Pembinaan Akhlak Anak dalam Perspektif Filosofi Islam dan Barat

Authors

  • Irma Sulistia Silaen UIN Sumatera Utara
  • Zulfiana Herni UIN Sumatera Utara

Keywords:

Akhlak, Moral, Komparasi Akhlak dan Moral, Etika Islam, Wahdatul 'ulum

Abstract

Penelitian ini membahas pengertian, sumber, serta komparasi antara akhlak dan moral berdasarkan pandangan para ilmuwan Islam dan Barat. Dalam perspektif Islam, akhlak merupakan bagian integral dari iman yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis, dengan tujuan meraih rida Allah serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sementara itu, moral dalam tradisi Barat berlandaskan norma-norma sosial, rasionalitas manusia, dan filsafat etika, dengan orientasi utama menciptakan keteraturan serta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan menelaah berbagai literatur relevan, seperti Tahdzib al-Akhlaq karya Ibn Miskawaih, Ihya’ Ulum al-Din karya al-Ghazali, Educating for Character karya Thomas Lickona, serta pemikiran Plato dan Lawrence Kohlberg. Kajian ini juga menempatkan konsep akhlak dan moral dalam kerangka wahdatul ‘ulum (kesatuan ilmu) sebagai pendekatan integratif antara tradisi keilmuan Islam dan Barat. Data dianalisis secara kritis untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari kedua konsep tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa akhlak dan moral memiliki sejumlah kesamaan, terutama dalam orientasi untuk membentuk perilaku baik dan mencegah tindakan yang merusak. Namun demikian, terdapat perbedaan mendasar pada aspek sumber nilai dan tujuan akhir. Akhlak memiliki landasan transendental dan berorientasi pada nilai ilahiah, sedangkan moral bersifat humanistik dan berorientasi pada keteraturan sosial.

Published

2025-11-19

How to Cite

Irma Sulistia Silaen, & Zulfiana Herni. (2025). Pembinaan Akhlak Anak dalam Perspektif Filosofi Islam dan Barat. KHULUQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.nurulyaqinannaba.or.id/index.php/khuluq/article/view/30

Issue

Section

Articles